Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Turki Makin Songong, Rusia Kirim Dua Kapal Perang ke Perairan Suriah

Jumat, 28 Februari 2020 – 22:03 WIB
Turki Makin Songong, Rusia Kirim Dua Kapal Perang ke Perairan Suriah - JPNN.COM
Kapal perang Rusia. Foto: Reuters

jpnn.com, MOSCOW - Kehadiran militer Turki yang makin kuat di Suriah membuat Rusia kalap. Moskow pun mengirim dua kapal perang lengkap dengan alat peluncur rudal ke perairan di pesisir Suriah untuk membantu pasukan rezim Bashar al-Assad.

Turki telah mengirim ribuan pasukan berikut kendaraan militernya ke Suriah. Presiden Recep Tayyip Erdoan pun mengingatkan pihaknya akan mengerahkan kekuatan penuh untuk memukul mundur militer Suriah, kecuali mereka menarik diri dari pos jaga milik Turki.

Di tengah kemelut itu, Rusia mendukung keputusan Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Turki berada di belakang kelompok pemberontak yang menentang Assad.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia, sebagaimana dikutip oleh kantor berita RIA, pada Jumat mengatakan tentara Turki terkena serangan artileri dari pasukan Suriah yang sebenarnya berupaya mengusir pasukan pemberontak.

Menurut pihak Rusia, Ankara luput memberi informasi kepada Moskow mengenai keberadaan tentara Turki di wilayah tersebut, padahal dua pihak cukup rutin menjalin komunikasi.

Kementerian Pertahanan Rusia meyakini tentara Turki ditempatkan berdampingan dengan pasukan pemberontak anti-pemerintah. Menurut informasi dari pihak Turki, tidak ada tentara Turki di daerah tersebut. 

Pesawat tempur Rusia tidak meluncurkan serangan apapun saat insiden berlangsung. Moskow telah berupaya melakukan segala upaya saat mengetahui ada tentara Turki di Idlib, demikian keterangan pihak kementerian.

Upaya yang dilakukan pihak Rusia, di antaranya memastikan pasukan Suriah berhenti menembakkan peluru, sehingga pihak Turki dapat mengevakuasi jasad tentara dan pasukan yang terluka.

Kehadiran militer Turki yang makin kuat di Suriah membuat Rusia kalap. Moskow pun mengirim dua kapal perang lengkap dengan alat peluncur rudal ke perairan di pesisir Suriah

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close