Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ulama Gagas MUI Tandingan

Selasa, 26 April 2011 – 09:57 WIB
Ulama Gagas MUI Tandingan - JPNN.COM
PADANG -- Sejumlah ulama di Sumbar berencana membentuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) "tandingan" di Indonesia, diberi nama MUI Putih. "Paling cepat pertengahan Mei, MUI Putih akan dideklarasikan. Sumbar juga direncanakan akan menjadi pusat," ujar salah seorang inisiator, Irfianda Abidin kepada wartawan di Padang, kemarin (25/4).

Pembentukan MUI Putih berangkat dari inisiatif 21 orang ulama di Indonesia yang tergabung dalam Serumpun Melayu, dalam sejumlah pertemuannya. Tiga orang di antaranya berasal dari Sumbar Irfianda Abidin, Umar Al Faruq dan Amri Mansyur.

Menurut Irfianda, MUI Putih dibentuk atas kekhawatiran sebagian ulama pada kondisi kebangsaan saat ini yang banyak dirundung masalah, serta sikap MUI yang dinilai tidak tegas menghadapi masalah akidah. Seperti menyangkut keberadaan ajaran Ahmadiyah, terorisme, dan permasalahan lainnya.

"Kami jalan dengan program sendiri, dan MUI jalan juga dengan programnya yang ada," kata Irfianda didampingi inisiator lainnya, Umar Al Faruq dan Amri Mansyur.

Khusus permasalahan Ahmadiyah, menurutnya, kasus tersebut merupakan suatu rangkaian yang panjang. Dimasa pemerintahan Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi, 2005 lalu, secara tegas, ajaran itu dilarang, dan memerintahkan langsung menurunkan semua atribut yang berhubungan dengan Ahmadiyah.

PADANG -- Sejumlah ulama di Sumbar berencana membentuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) "tandingan" di Indonesia, diberi nama MUI Putih. "Paling

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA