Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Usut Kasus Gratifikasi di Pemkot Batu, KPK Kembali Periksa Bos Jatim Park Group

Jumat, 19 Maret 2021 – 15:54 WIB
Usut Kasus Gratifikasi di Pemkot Batu, KPK Kembali Periksa Bos Jatim Park Group - JPNN.COM
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - KPK kembali memeriksa salah satu petinggi Jawa Timur Park Group Ronny Sendjojo dalam kasus dugaan pemberian gratifikasi untuk Pemkot Batu selama 2011-2017.

Putra pendiri sekaligus pemilik Jawa Timur Park Group Paul Sastro Sendjojo itu sedianya diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Staf Ahli Pengembangan pada Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 atau Dino Park.

"Hari ini, bertempat di Balai Kota, Pemkot Batu, Jawa Timur, tim penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi dalam perkara dugaan TPK terkait gratifikasi di Pemerintah Kota Batu pada 2011-2017," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan yang diterima, Jumat (19/3).

Selain itu, penyidik juga memanggil Direktur PT Gunadharma Anugerah Jaya Nofan Eko Prasetyo, Direktur Operasional Pupuk Bawang Cafe and Dining Pratama Gempur, dan wiraswasta Riali.

Sebelumnya, KPK sudah memeriksa Ronny pada Kamis (11/2). Selain Ronny, sejumlah saksi juga diperiksa dan dilakukan penyitaan barang bukti.

Penyidik KPK juga telah mengamankan sejumlah dokumen dalam penggeledahan di rumah dinas Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan kediaman staf pribadi mantan Wali Kota Batu di Kota Batu, Jawa Timur pada Kamis (14/1).

Dokumen tersebut diduga memiliki berterkaitan dengan kasus dugaan gratifikasi di Pemerintah Kota Batu 2011-2017.

Perkara ini merupakan pengembangan kasus dari jeratan hukum mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

Eddy Rumpoko telah divonis 5 tahun dan 6 bulan penjara karena terbukti menerima suap senilai Rp 295 juta dan satu unit mobil Toyota Alphard senilai Rp 1,6 miliar dari pengusaha Filiput Djap, Direktur PT Dailbana Prima.

Suap tersebut diduga terkait proyek belanja modal dan mesin pengadaan meubelair di Pemkot Batu tahun anggaran 2017 senilai Rp 5,26 miliar yang dimenangkan PT Dailbana Prima. (tan/jpnn)

KPK kembali memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan pemberian gratifikasi ke Pemkot Batu selama 2011-2017.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close