Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yayasan Anak Bangsa Bisa Dorong Inovasi Ekonomi di Kawasan Pariwisata

Kamis, 16 Februari 2023 – 01:47 WIB
Yayasan Anak Bangsa Bisa Dorong Inovasi Ekonomi di Kawasan Pariwisata - JPNN.COM
Diskusi virtual penyelenggaraan Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Bali, Danau Toba, dan Labuan Bajo, Rabu (15/2). Foto: tangkapan layar diskusi CCE

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), bagian dari Group GoTo, kembali menggelar Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Bali, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

YABB melalui CCE mengajak para startup dan organisasi kemasyarakatan untuk menciptakan inovasi yang dapat mempercepat penerapan ekonomi dan mewujudkan Indonesia bebas sampah.

Berdasarkan data, permasalahan sampah menyumbang 6,94 persen emisi gas rumah kaca (GRK) Indonesia, dan hal ini masih terus terjadi setiap tahun.

Chairperson Yayasan Anak Bangsa Bisa Monica Oudang mengungkapkan CCE adalah cara mereka mempercepat transisi ekonomi sirkular menuju Indonesia bebas sampah.

“Melalui kolaborasi dengan para pembuat dampak, YABB menerapkan solusi berbasis ekosistem yang dapat melahirkan inovasi untuk menyelesaikan masalah secara sistemik,” ucap Monica saat diskusi virtual, Rabu (15/2).

CCE memilih pendekatan ekonomi sirkular karena perannya yang vital dalam menyelesaikan masalah sampah dan turut berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon.

Melalui pendekatan ini, CCE menghubungkan para pembuat dampak di area hulu dan hilir agar solusi yang dihasilkan dapat lebih dirasakan.

“Untuk lokasi implementasi solusi, CCE memilih kawasan pariwisata karena peran pentingnya dalam mendorong perekonomian negara,” kata dia.

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) berkomitmen menyelesaikan permasalahan sampah di Bali, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close