Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

80 Tahun Radio Australia: Sejarah dan Akan ke Mana Masa Depannya

Senin, 16 Desember 2019 – 19:50 WIB
80 Tahun Radio Australia: Sejarah dan Akan ke Mana Masa Depannya - JPNN.COM
Penumpang pesawat Qantas dievakuasi dengan papan peluncur karet setelah mendarat mendadak di Bandara Sydney setelah pesawat itu mengalami masalah hidrolik. (AAP)

Read the story in English

Sejarah Australian Broadcasting Corporation (ABC) tak lepas dari perannya sebagai saksi hubungan Australia dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Layanan ABC International bermula di tahun 1939 dengan menawarkan sebuah program radio, yang awalnya dirancang untuk melawan media-media propaganda dari negara lainnya saat Perang Dunia II.

Program siaran radio yang diberi nama 'Australia Calling' awalnya dimiliki Departmen Informasi Negara Persemakmuran, disampaikan dalam bahasa Perancis, Jerman, Spanyol, dan setelah tahun 1942 ditambah dengan layanan dalam bahasa Jepang, Thailand, Indonesia, dan Mandarin.

Baru setelah namanya diubah menjadi Radio Australia, pemerintah Australia memberikan pengelolaannya kepada ABC di tahun 1950.

80 Tahun Radio Australia: Sejarah dan Akan ke Mana Masa Depannya Photo: Penyiar Radio Australia di tahun 1960an: Natalie Lin (Formosa) sedang duduk dan dari kiri: Kimiko Orimoto (Jepang), Rudi Chakorn (Thailand), Marie Coleman (Formosa), Nitya Phangapa (Thailand), Elly Basar (Indonesia). (Foto: ABC News, Australia Calling)

 

Dalam sepuluh tahun pertamanya, Radio Australia terus mencoba memperluas jangkauan siarannya ke banyak negara, dengan menyajikan berita dan perspektif Australia, khususnya bagi warga Australia yang tinggal di luar negeri.

Tapi tak bertahan lama, Radio Australia mengalami pemangkasan anggaran yang dramatis, namun di tengah ketidakpastian masa depan layanan siaran internasional, cerita dan berita dari Australia terus disampaikan ke mancanegara.

Read the story in EnglishSejarah Australian Broadcasting Corporation (ABC) tak lepas dari perannya sebagai saksi hubungan Australia dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close