Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahmad Najib Cium Gelagat Aneh OJK di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 12 Mei 2020 – 17:00 WIB
Ahmad Najib Cium Gelagat Aneh OJK di Tengah Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Otoritas Jasa Keuangan. Foto: OJK

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah menyoroti manuver Otoritas Jasa Keuangan yang kukuh ingin menyeret perbankan Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) menjadi penyangga likuiditas bagi bank sistemik di tengah pandemi Covid-19.

Sebab, kata Najib, rencana yang disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK sekaligus anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Wimboh Santoso itu menurutnya bertentangan dengan Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK).

"Pertama itu jelas bertentangan dengan UU PPSK," kata Najib saat dikonfirmasi jpnn.com, pada Senin malam (11/5).

Kedua, kata legislator PAN Dapil Jawa Barat II ini, Indonesia pernah punya pengalaman dengan megaskandal sektor keuangan, yakni BLBI dan Century Gate.

Apalagi, perbankan pelat merah yang tergabung dalam Himbara tidak berfungsi sebagai bank jangkar penyangga likuiditas bagi bank sistemik akibat pandemi Covid-19, sebagaimana disampaikan ketua DK OJK.

"Saya kok rasanya mencium gelagat aneh dalam rencana mitigasi perbankan ini. Bank Himbara ditempatkan dalam posisi high risk yang seharusnya dilindungi agar tidak menjadi terdampak," ucap Najib.

Oleh karena itu, dia khawatir bila perbankan Himbara diseret ke dalam skenario OJK/KSSK di tengah pandemi Covid-19.

"Saya khawatir sekali dengan hal ini, jangan menjadi bagian sejarah kelam bangsa ini. Kepercayaan publik terhadap regulator akan hilang," tegasnya.

Ahmad Najib Qodratullah menyoroti manuver OJK di tengah penanganan pandemi covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close