Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aliansi: Penolak DOB Tidak Suka Orang Asli Papua Sejahtera

Minggu, 15 Mei 2022 – 09:49 WIB
Aliansi: Penolak DOB Tidak Suka Orang Asli Papua Sejahtera - JPNN.COM
Kelompok masyarakat yang mendukung pembentukan daerah otonom baru (DOB) di Papua menggelar unjuk rasa di depan kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (13/5). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pembentukan daerah otonom baru (DOB) di Papua akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat asli setempat. Karena itu, langkah pemekaran seharusnya mendapat dukungan dari seluruh warga Indonesia.

Hal itu merupakan aspirasi masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Papua Bangkit. Kelompok ini pun mendesak pemerintah agar segera merampungkan proses pembentukan provinsi baru tersebut.

"Papua adalah bagian dari integrasi wilayah kesatuan Republik Indonesia, maka proses pemerataan pembangunan di Papua menjadi proritas percepatan pembangunan pemerintah pusat untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat Papua," ucap koordinator aliansi, Deksa.

Dia mengatakan DOB merupakan jawaban atas berbagai tuntutan masyarakat Papua, seperti pembangunan infrastruktur pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Semua itu akan dinikmati masyarakat Papua secara lebih luas dan merata jika pemekaran terealisasi.

Aliansi pun mengecam keras semua pihak yang menentang terbentuknya provinsi baru di Papua. Pasalnya, ujar Deska, mereka layak dianggap menghalangi orang asli Papua (OAP) menikmati kesejahteraan.

"RUU pemekaran telah dibahas di DPR dengan melibatkan elemen masyarakat serta akademisi, maka tidak ada alasan menuduh pemerintah mengeluarkan kebijakan sepihak," lanjutnya.

Aspirasi tersebut telah mereka sampaikan juga dalam aksi damai di depan kantor Kementerian Dalam Negeri pada Jumat (13/5) lalu. Ketika itu, massa yang berjumlah 40 orang secara bergantian berorasi.

Sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Papua Bangkit mendesak pemerintah segera menyelesaikan proses pembentukan DOB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close