Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Buah SBY Dukung Visi Jokowi tentang Ibu Kota Baru RI

Sabtu, 09 November 2019 – 09:43 WIB
Anak Buah SBY Dukung Visi Jokowi tentang Ibu Kota Baru RI - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR H Irwan mengatakan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur setara dengan Dubai dan bisa menarik diaspora, merupakan hal yang lumrah dan perlu didukung.

"Tidak perlu dianggap terlalu optimistis atau ketinggian. Justru harus didukung agar IKN segera diwujudkan lima tahun ke depan," kata Irwan di Kompleks Parlemen, Jumat (8/11).

Untuk mewujudkan visi tersebut, anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Partai Demokrat ini mengingatkan pemerintah segera mengeluarkan regulasi dan membentuk kelembagaan dalam rangka menyusun perencanaan teknis, dan mekanisme pendanaan pembangunan di kawasan tersebut.

"Kami akan terus mendorong supaya pemerintah segera menyiapkan regulasi dan kelembagaannya. Termasuk, menyusun mekanisme pendanaan pembangunan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) itu," ucar legislator dari Kalimantan Timur tersebut.

Lebih lanjut, ketika ditanyakan sudah sejauh mana progres pengerjaan terhadap lahan yang akan digunakan sebagai IKN baru? Irwan mengaku bahwa Komisi V berencana akan melakukan peninjauan terhadap lokasi IKN dalam waktu dekat ini.

"Pertengahan Desember Komisi V DPR berencana melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur. Salah satu agendanya melihat langsung lokasi IKN,” kata ketua Forum Peduli Karst Kutai Timur (FPKKT) ini.

Irwan juga optimistis bahwa pemindahan IKN ke lokasi yang baru juga akan menarik minat warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri atau diaspora untuk kembali, sangat mungkin terjadi.

Yang terpenting, katanya, bagaimana nantinya IKN di Kaltim ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru Indonesia. Menjadi kota yang mewakili peradaban manusia dan representasi kemajuan bangsa.

Irwan, Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Partai Demokrat mendukung ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close