Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Dukung PLN Diskon Tarif untuk Pemilik Kendaraan Listrik

Rabu, 17 Februari 2021 – 13:00 WIB
Bamsoet Dukung PLN Diskon Tarif untuk Pemilik Kendaraan Listrik - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima kunjungan direksi PLN. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi langkah PLN memberikan diskon 30 persen tarif tenaga listrik bagi pengguna kendaraan listrik.

Insentif tersebut diberikan bagi pengguna kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya kendaraan listriknya di rumah pada pukul 22.00 – 05.00 (7 jam) dengan layanan home charging yang terkoneksi dengan PLN.

Menurutnya, langkah tersebut sangat tepat sebagai dukungan terhadap Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Sejalan dengan misi IMI mempercepat migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik," ujar Bamsoet usai menerima direksi PLN, di Jakarta, Selasa (16/2).

Direksi PLN yang hadir antara lain Direktur Utama Zulkifli Zaini, dan Direktur Human Capital dan Management Syofvi Felienty Roekman.

Ketua ke-20 DPR RI menjelaskan, PLN pernah membuktikan kehebatan mobil listrik Hyundai IONIQ (yang juga menjadi official car IMI) dengan menempuh perjalanan rute Jakarta - Bali, yang hanya menghabiskan biaya operasional seperlima dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar minyak.

Menurutnya, jika menggunakan mobil berbasis BBM,  bisa menghabiskan bensin jenis Pertamax Rp 1,2 juta. Dengan menggunakan mobil listrik hanya menghabiskan ongkos Rp 200 ribu.

Selain menghemat pengeluaran, masyarakat juga bisa mendapatkan banyak keuntungan lain dengan menggunakan kendaraan listrik.

Insentif tersebut diberikan bagi pengguna kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya kendaraan listriknya di rumah pada pukul 22.00 – 05.00 (7 jam) dengan layanan home charging yang terkoneksi dengan PLN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close