Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bangsa Tempe

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Selasa, 22 Februari 2022 – 11:08 WIB
Bangsa Tempe - JPNN.COM
Santri di Pondok Pesantren Sirajussaadah, Depok, Jawa Barat, mengolah biji kedelai guna membuat tempe. Dalam sehari, pondok pesantren itu bisa mengolah dua kuintal kedelai dan membuat tempe yang dijual Rp 6.000 per bungkus. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Kami menggoyangkan langit, menggemparkan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2,5 sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.

Itu adalah kutipan dari pidato Bung Karno yang sekarang banyak dikutip lagi gegara tempe yang tiba-tiba menjadi barang mahal karena harga bahan baku kedelai yang melonjak.

Bangsa tempe adalah sebutan yang terkesan pejoratif, merendahkan, karena tempe diasosiasikan dengan kondisi yang lembek tidak punya semangat.

Sebutan bangsa tempe oleh Bung Karno menjadi kontroversi. Ada yang menganggap Bung Karno merendahkan tempe, ada yang menganggapnya sebagai bagian dari retorika Bung Karno yang memang terkenal jago dalam menciptakan berbagai istilah.

Bung Karno mengatakan juga bahwa lebih baik menjadi bangsa tempe daripada makan gaplek.

Dengan tamsil ini Bung Karno ingin membangkitkan semangat bangsa supaya menjadi mandiri dan mampu bersikap independen dari penjajah.

Nasionalisme Bung Karno tidak diragukan lagi. Dia membawa bangsa Indonesia memasuki gerbang kemerdekaan dan melepaskan diri dari cengkeraman penjajahan.

Secara formal penjajahan telah diakhiri dengan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Namun, penjajahan terselubung masih terus berlangsung, dan Bung Karno selalu mengingatkan bahwa perjuangan melawan penjajahan terselubung itu menjadi perjuangan yang panjang.

Sebutan bangsa tempe yang dibuat oleh Bung Karno terasa sangat ironis sekarang. Rasanya kita ini memang bangsa tempe yang lembek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close