Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Benarkah Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Ramping?

Sabtu, 14 Maret 2020 – 10:19 WIB
Benarkah Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Ramping? - JPNN.COM

jpnn.com - Olahraga saat hamil bisa membantu menjaga berat badan dan kestabilan gula darah pada ibu hamil. Dengan adanya manfaat ini, risiko bayi mengalami obesitas (kegemukan) juga akan lebih rendah.

Lantas, apakah itu berarti bahwa bayi yang lahir dari ibu hamil yang rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang lebih ramping?

Salah satu penelitian dari New Zealand memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut. Penelitian ini mengatakan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang rajin berolahraga selama hamil memiliki berat badan sekitar 3,4 kg. Berat ini tergolong minim, namun masih dalam kisaran sehat.

Berkaitan dengan itu, ada pula penelitian lain yang dilakukan pada 84 wanita hamil yang diminta untuk melakukan olahraga selama 40 menit sebanyak lima kali dalam seminggu.

Penelitian ini berkesimpulan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang rutin berolahraga memiliki berat badan dan indeks massa tubuh lebih rendah.

Ada pula bukti lain yang didapat dari penelitian di Inggris. Penelitian ini menganjurkan ibu hamil untuk melakukan olahraga ringan selama 40 menit sehari hingga mencapai usia kehamilan 36 minggu.

Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa ibu hamil yang melakukan olahraga ringan setiap minggunya memiliki bayi yang lebih ringan 143 gram jika dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak berolahraga.

Berangkat dari temuan beberapa penelitian di atas, ternyata olahraga saat hamil memang terbukti bisa membuat bayi lebih ramping saat dilahirkan.

loading...