Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Christina Aryani Apresiasi Kinerja Satgas TPPO, Benny Rhamdani: Tangkap Aktor Intelektualnya

Senin, 19 Juni 2023 – 11:37 WIB
Christina Aryani Apresiasi Kinerja Satgas TPPO, Benny Rhamdani: Tangkap Aktor Intelektualnya - JPNN.COM
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengapresiasi kinerja Satgas TPPO Polri yang sejauh ini sudah banyak melakukan langkah penegakan hukum dengan menangkap para pelaku dan menyelamatkan banyak korban. Ilustrasi. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengapresiasi kinerja Satgas TPPO Polri yang sejauh ini sudah banyak melakukan langkah penegakan hukum dengan menangkap para pelaku dan menyelamatkan banyak korban.

Berdasarkan update kepolisian hingga 18 Juni 2023, Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Polri telah berhasil meringkus 457 pelaku perdagangan orang dan menyelamatkan 1.476 orang korban.

“Ini sangat menggembirakan. Setidaknya selama sebulan ini kita ketahui banyak sekali penangkapan yang dilakukan dan masyarakat juga makin sadar untuk melakukan laporan. Artinya kinerja penegakan hukum dalam rangka memberantas TPPO berjalan optimal sebagaimana harapan kita selama ini termasuk tentunya Presiden Jokowi yang melihat isu ini sangat krusial untuk diperangi,” ungkap Christina di Jakarta, Senin (19/6).

Christina menambahkan dengan langkah penegakan hukum ini akan ada efek jera pada para pelaku atau aktor-aktor yang membekingi termasuk masyarakat menjadi makin sadar untuk mawas diri sehingga tidak menjadi korban.

“Sudah jauh hari diketahui bahwa kelompok pelaku ini adalah kerja sindikat yang juga melibatkan banyak aktor negara. Maka, tentu saja dengan adanya penegakan hukum yang tegas saat ini siapa pun harus ditindak, mulai dari aktor kepala hingga lapangan harus diusut tuntas,” tegas Christina.

Christina secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberi perhatian serius pada isu pemberantasan TPPO ini.

Adapun hal yang perlu dilakukan ke depan seiring dengan makin maraknya pengungkapan adalah edukasi kepada masyarakat.

“Kami pantau jaringan Satgas sudah sampai ke tingkat kecamatan bahkan desa. Ada imbauan untuk waspada karena mayoritas korban adalah warga kita di kampung dan desa yang mudah diperdaya. Maka, kami dorong sejalan dengan penegakan hukum, perlu dilakukan edukasi terus-menerus,” kata Christina.

Christina Aryani mengapresiasi kinerja Satgas TPPO Polri yang sejauh ini sudah banyak melakukan langkah penegakan hukum dengan menangkap pelaku TPPO.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close