Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Duit Rp 1,3 Miliar Mengalir ke Rekening TA

Rabu, 25 November 2020 – 12:27 WIB
Duit Rp 1,3 Miliar Mengalir ke Rekening TA - JPNN.COM
Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Enock (tengah). Foto: ANTARA/HO/Humas Polda Papua

jpnn.com, JAYAPURA - Polres Biak Numfor menangani kasus penipuan berbasis online hingga merugikan peserta sekitar Rp 1.379.150.000.

Kasus itu terungkap dari laporan para korban yang menjadi peserta investasi dengan modus arisan.

"Tercatat sekitar 22 orang yang sudah melapor menjadi peserta yang dikelola tersangka yang dimulai sejak 6 September lalu," kata Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enoch yang dihubungi dari Jayapura, Rabu.

Awalnya tersangka TA (25 tahun) membentuk arisan online di WhatsApp dengan nama grup arisan dan grup arisan khusus dengan sistem arisan duet atau tanam modal.

Melalui arisan tersebut peserta menginvestasi uangnya ke TA dengan membuat grup WhatsApp yang anggotanya hanya terdiri dari TA, penanam modal, dan peminjam untuk berkomunikasi sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.

Arisan investasi awalnya berjalan lancar karena penginvest mendapatkan keuntungan berupa modal atau uang pokok beserta bunganya.

Namun kemudian peserta mengeluh karena uang mereka tidak dikembalikan walaupun sudah jatuh tempo.

"TA selaku pengelola sering berkelit menyatakan uang tersebut belum dikembalikan atau dibayar peminjam sehingga para peserta melaporkannya ke Polres Biak Numfor di Biak," kata Enock.

Tersangka TA membentuk arisan online di WhatsApp dengan nama grup arisan dan grup arisan khusus dengan sistem arisan duet atau tanam modal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close