Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

G20 Empower Dukung Perempuan Pelaku Usaha Lewat Pertemuan Sherpa

Kamis, 29 September 2022 – 21:04 WIB
G20 Empower Dukung Perempuan Pelaku Usaha Lewat Pertemuan Sherpa - JPNN.COM
Rinawati Prihatiningsih, Co-Chair G20 EMPOWER di pertemuan ke-3 Sherpa G20. Foto: dok Iwapi

jpnn.com, YOGYAKARTA - G20 Empower mendukung penuh perempuan pelaku UMKM sebagai bagian dari inti pemulihan ekonomi. Hal itu didukung sebagai isu prioritas G20 Empower.

Selain itu, G20 EMPOWER juga menyoroti isu-isu yang terkait dengan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja termasuk dalam posisi kepemimpinan, aksi membangun ketahanan digital, dan keterampilan untuk masa depan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Rinawati Prihatiningsih, Co-Chair G20 EMPOWER hadir sebagai salah satu kontributor substansi prioritas gugus kerja dalam pertemuan  ke-3 Sherpa G20 diselenggarakan pada 27-29 September 2022 di Yogyakarta.

Fokus utama pertemuan itu adalah penyusunan draf leaders declaration sebagai dokumen yang akan diadopsi pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 15-16 November 2022.

"Ini juga sebagai tindak lanjut dari Ministerial Conference on Women’s Empowerment (MCWE), yang diselenggarakan di Bali, pada 24-26 Agustus 2022. Itu telah berhasil memperkuat komitmen negara-negara G20 terhadap pengarusutamaan kesetaraan gender," ungkap Rinawati di Yogyakarta.

Menurutnya, pokok-pokok yang dirumuskan setidaknya berisi satu paragraph yang ringkas tetapi tidak mengurangi makna substansi yang telah dihasilkan dari pertemuan-pertemuan sidang pleno masing-masing working group.

Pertemuan itu juga dihadiri Co-Sherpa G20 Indonesia, Edi Prio Pambudi yang juga sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Kemenko Perekonomian, dan Dian Triansyah Djani selain sebagai Co-Sherpa G20 Indonesia, dan Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Prioritas.

“Apresiasi kepada seluruh delegasi yang telah memberikan kontribusi, masukan dalam pokok-pokok substansi Leaders’ Declaration tidak saja pada saat paragraf yang menyangkut G20 EMPOWER juga paragraf-paragraf substansi dari working group yang lainnya,” tutur Rina.

Rinawati Prihatiningsih Co-Chair G20 EMPOWER hadir sebagai salah satu kontributor substansi prioritas gugus kerja dalam pertemuan ke-3 Sherpa G20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close