Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi Saksikan Penyuntikan Perdana Uji Klinis Vaksin COVID-19

Selasa, 11 Agustus 2020 – 14:02 WIB
Jokowi Saksikan Penyuntikan Perdana Uji Klinis Vaksin COVID-19 - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: ANTARA/Humas Kemensetneg

jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo menyaksikan penyuntikan perdana uji klinis vaksin COVID-19 di Bandung.

Sebanyak 20 relawan yang menjadi perwakilan disuntik di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Ini merupakan uji klinis tahap ke-3, atau yang terakhir, sebelum vaksin COVID-19 diproduksi secara massal.

Dijadwalkan penyuntikan akan dilakukan kepada 1.620 subyek relawan yang ditargetkan semua uji klinis, termasuk otorisasi dari BPOM, akan tuntas pada Januari 2021.

Sebelum menyaksikan peristiwa itu, pria yang akrab disapa Jokowi itu melakukan peninjauan fasilitas dan kapasitas produksi vaksin COVID-19 di Bio Farma yang didampingi Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir.

"Kami semua yang hadir bersyukur karena saat ini Indonesia memasuki tahapan penting dalam usaha untuk mengatasi pandemi COVID-19. Kami bangga dengan kemampuan perusahaan BUMN, Bio Farma yang bekerja sama dengan lembaga Sinovac asal China karena sudah memasuki uji klinis tahap ketiga. Tidak banyak negara atau lembaga penelitian yang sudah mencapai uji klinis hingga tahap ini,"ujar Erick.

loading...