Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek: Edugames, Solusi Edukasi Siswa tentang Perubahan Iklim

Jumat, 09 Agustus 2024 – 10:19 WIB
Kemendikbudristek: Edugames, Solusi Edukasi Siswa tentang Perubahan Iklim - JPNN.COM
Edugames diharapkan menjadi media pembelajaran yang efektif dalam mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dan beradaptasi terhadap perubahan iklim. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Perubahan iklim menjadi ancaman kehidupan manusia di saat ini dan juga masa depan.

Oleh karena itu, perlu adanya tindakan yang berkesinambungan dan upaya preventif untuk menanggulangi dampak negatif perubahan iklim. 

"Kami mengapresiasi kolaborasi internasional memperkaya metode pendidikan dan memberikan solusi konkret untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap isu perubahan iklim melalui edugames,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti yang juga Ketua Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana di Jakarta, Kamis (8/8).

Dia menjelaskan perubahan iklim telah menjadi ancaman serius bagi kesejahteraan anak-anak dan pemuda.

Kelompok ini sangat rentan terhadap dampak negatif perubahan iklim yang dapat merugikan kesehatan, pendidikan, gizi, dan kesejahteraan. 

Dalam upaya mengatasi tantangan ini, PREDIKT dan ChildFund Indonesia, bersama dengan beberapa mitra, telah melakukan penelitian yang berfokus pada pengembangan materi pendidikan melalui pendekatan gamifikasi (edugames).

Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Australia melalui Kolaborasi untuk Pengetahuan, Inovasi, dan Teknologi Australia dan Indonesia (KONEKSI). 

Hasil akhirnya untuk membantu Kemendikbudristek menyediakan materi pendidikan terkait perubahan iklim dan ketangguhan menghadapi bencana.

Sekretaris jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan edugames menjadi solusi edukasi siswa tentang perubahan iklim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA