Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Gelar Webinar, Fokus Bahas Transportasi Cerdas dan Upaya Mencegah Truk ODOL

Jumat, 17 Februari 2023 – 23:06 WIB
Kemenhub Gelar Webinar, Fokus Bahas Transportasi Cerdas dan Upaya Mencegah Truk ODOL - JPNN.COM
Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar webinar bertajuk 'Knowledge Sharing On Intelligent Transportation System and Trucking Regulation', pada Kamis (16/2) malam. Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat fokus membahas transportasi cerdas saat menggelar webinar bertajuk 'Knowledge Sharing On Intelligent Transportation System and Trucking Regulation', pada Kamis (16/2) malam.

Pada acara tersebut, Kemenhub mengundang pembicara dari United States Department of Transportation dan sejumlah praktisi transportasi internasional.

Melalui webinar ini juga didiskusikan regulasi angkutan barang, terutama dalam mencegah adanya truk Over Dimension Over Loading (ODOL) di Indonesia.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub Suharto berharap melalui agenda ini dapat diperoleh sejumlah masukan dan input terkait sistem transportasi cerdas serta mengenai regulasi truk.

Intelligent Transportation System (ITS) atau sistem transportasi cerdas merupakan elemen penting dalam manajemen transportasi dan selalu menjadi perhatian utama pemerintah Indonesia," kata Suharto.

Dia menyampaikan sistem ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 76 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Transportasi Cerdas di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menurut Suharto, kemacetan merupakan isu global yang kerap mendapat perhatian akhir-akhir ini salah satunya akibat tidak seimbangnya jumlah kendaraan dan ketersediaan jalan.

Dia juga menyampaikan salah satu tujuan diadakannya webinar ini sebagai salah satu wadah untuk bertukar pikiran dalam pengelolaan sistem transportasi cerdas di Indonesia maupun Amerika Serikat.

Kemenhub menggelar webinar dengan menghadirkan sejumlah pembicara guna membahas soal transportasi cerdas dan upaya mencegah truk ODOL di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close