Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kubu Rizieq Shihab Sebut Kerumunan di Petamburan Salah Aparat

Kamis, 07 Januari 2021 – 14:51 WIB
Kubu Rizieq Shihab Sebut Kerumunan di Petamburan Salah Aparat - JPNN.COM
Kuasa hukum dari Habib Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah saat memberikan keterangan kepada awak media di pintu masuk ruang sidang utama PN Jakarta Selatan, Kamis (7/1). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kuasa hukum Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah menyebutkan, kerumunan yang terjadi di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat saat acara Maulid Nabi pada November 2020 silam bukan salah masyarakat ataupun klienya.

Alamsyah menyebut kerumunan tersebut adalah kesalahan aparat keamanan.

Dia juga mengklaim, keterangan saksi fakta yang dihadirkan Pemohon dalam sidang praperadilan penetapan tersangka Rizieq Shihab pada Kamis (7/1/2021) ini makin menguatkan keterangan dua saksi fakta sebelumnya.

Sebab, kegiatan Maulid Nabi yang diketahui dari keterangan saksi fakta, ternyata diamankan oleh aparat, yakni TNI, Polri, Satpol PP, hingga Dishub.

"Aparat di situ ternyata mengamankan, mengatur jalan, tak ada imbauan pelarangan atau untuk bubar, aparat justru mengimbau jaga jarak dan ikuti prokes," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (7/1).

Oleh karena itu, kata dia, penetapan Rizieq Shihab sebagai tersangka tidaklah tepat.

Sebab, keterangan saksi, bisa dibuktikan kalau pasal-pasal yang dikenakan pada Rizieq Shihab pun tak terbukti, baik itu Pasal 160 KUHP, Pasal 93 KUHP, maupun Pasal 216 KUHP.

"Karena tak ada pelarangan atau pembubaran berarti kan boleh, tetapi andai kata dari pihak lain petinggi polisi itu menyatakan salah, ini bukan salah rakyat, salah aparat. Jadi, jangan kekeliruan melaksanakan tugas dari pemerintah itu dibebankan ke rakyat. Itu tidak benar," katanya.

Alamsyah Hanafiah menyebutkan, kerumunan yang terjadi di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat saat acara Maulid Nabi di November 2020 silam bukanlah salah masyarakat ataupun Habib Rizieq

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close