Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendikbud Minta Kepala Sekolah Ikut Berperan

Minggu, 19 Februari 2017 – 04:14 WIB
Mendikbud Minta Kepala Sekolah Ikut Berperan - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Peran kepala sekolah sangat penting dan menentukan keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kepala sekolah berperan menyusun program kegiatan dalam implementasi PPK dan mendorong guru menjadi inspirator dan pendidik.

"Kepsek harus mendorong guru tidak sekadar ceramah di kelas, tapi menjadi inspirator dan pendidik," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Sabtu (18/2).

Muhadjir menjelaskan, program PPK saat ini sedang diuji coba pada ratusan sekolah di Indonesia.

Para kepala sekolah pun diminta mendukung program penguatan pendidikan karakter ini untuk menyiapkan generasi penerus yang memiliki karakter baik dan kuat.

Berbagai aktivitas di luar kelas akan membuat pendidikan karakter di sekolah terasa menyenangkan.

"Jadi ini bukan berbasis kelas tetapi berbasis lingkungan. Aktivitas seperti bermain peran, berkolaborasi menyelesaikan suatu proyek bisa dilakukan dan ini menyenangkan," ujar Muhadjir.

Jika karakter baik tertanam sejak dini di diri anak-anak Indonesia, sampai dewasa karakter ini akan melekat dan menentukan keberhasilan generasi muda di masa depan.

"Karakter ini memiliki daya tahan yang tinggi dan akan menentukan keberhasilan mencapai apa yang mereka cita-citakan," kata mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Peran kepala sekolah sangat penting dan menentukan keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kepala sekolah berperan menyusun program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close