Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menkeu Sri Mulyani: Ini Terendah dalam Sejarah

Senin, 04 Mei 2020 – 16:26 WIB
Menkeu Sri Mulyani: Ini Terendah dalam Sejarah - JPNN.COM
Sri Mulyani. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyebut indeks industri manufaktur Indonesia diukur dari purchasing managers index (PMI), tercatat mencapai posisi terendah sepanjang sejarah sejak 2011, yakni 27,5 per April 2020.

Angka itu turun berbanding indeks Maret 2020 yang mencapai 45,3, imbas pandemi COVID-19.

“Ini paling dalam dibandingkan (negara) ASEAN dan bahkan terhadap Jepang dan Korea Selatan,” katanya dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI secara virtual di Jakarta, Senin.

Menurut dia, merosotnya PMI tersebut menjadi indikator bahwa ekonomi Indonesia mengalami tekanan yang besar akibat wabah virus corona,  sehingga kondisi ini perlu diwaspadai ke depan.

Selain indeks manufaktur yang anjlok, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga memaparkan indeks penjualan riil juga merosot mencapai minus 5,4 persen.

“Tetap perlu waspada pada eskalasi tekanan ke depan, mengingat di Indonesia pandemi baru terjadi pada Maret dan meluas secara eksponensial,” imbuhnya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama triwulan pertama tahun ini masih lebih baik dibandingkan negara besar lainnya dengan pertumbuhan diperkirakan mencapai 4,5-4,7 persen.

Meski pertumbuhan ekonomi RI masih dinilai lebih baik dari negara lain, namun tanda-tanda tekanan sudah terlihat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyebut indeks industri manufaktur Indonesia tercatat mencapai posisi terendah sepanjang sejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close