Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Praktik Monopoli Usaha Tak Selalu Merugikan Konsumen, Asalkan...

Jumat, 04 September 2020 – 11:11 WIB
Praktik Monopoli Usaha Tak Selalu Merugikan Konsumen, Asalkan... - JPNN.COM
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Lembaga Kajian Persaingan dan Kebijakan Usaha Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) Ditha Wiradiputra menyatakan bahwa praktik monopoli usaha merupakan hal yang lazim.

Menurutnya, praktik itu juga tidak selalu merugikan konsumen karena sebagian besar pelaku usaha memiliki market share masing-masing.

"Monopoli itu tidak selalu mendatangkan kerugian, karena setiap pelaku usaha memiliki range market sendiri, kecuali kalau menutup kesempatan yang lain," katanya dalam seminar web bertema Dugaaan Praktik Monopoli dalam Bisni Pelumas dan Perlindungan Konsumen di Jakarta, Kamis (3/9).

Kendati demikian, pengusaha yang menerapkan monopoli harus berhadapan dengan beragam sanksi jika ternyata praktik itu menutup pelaku usaha lain berkembang.

"Harus siap-siap (kena sanksi, red). Semuanya sudah diatur, ada di KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha, red) di Indonesia dendanya hingga Rp 25 miliar," tutur Dhita.

Pada kesempatan sama Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi juga menyodorkan pendapatnya tentang praktik monopoli usaha.

Menurut Tulus, sebenarnya praktik monopoli bisa mendatangkan keuntungan konsumen.

"Biasanya pelaku usaha yang menerapkan ini (monopoli, red) memberikan harga yang lebih murah, jadi (konsumen) lebih untung," katanya.(mcr2/jpnn)

Praktik monopoli usaha mendatangkan beberapa dampak, baik itu keuntungan maupun kerugian kepada konsumen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close