Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rapid Test Masih Dibutuhkan, Jangan Sampai Harganya Memberatkan

Selasa, 07 Juli 2020 – 21:12 WIB
Rapid Test Masih Dibutuhkan, Jangan Sampai Harganya Memberatkan - JPNN.COM
Ilustrasi rapid test massal Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan rapid test antibodi untuk Covid-19 masih tetap dibutuhkan.

Menurutnya, rapid test antibodi itu harus sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan ada batasan harga maksimalnya.

"Harga rapid test harus diatur wajar dan tidak memberatkan masyarakat," kata Melki, Selasa (7/7) malam menanggapi Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor: 11K.02.02/1/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antibodi.

Surat bertanggal 6 Juli 2020 itu ditandatangani Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Dirjen Yankes) Kemenkes Bambang Wibowo.

Melki mengatakan bahwa saat ini rapid test, polymerase chain reaction (PCR) atau tes cepat molekuler (TCM) berjalan paralel. Semuanya masih dibutuhkan.

Rapid test harus dengan akurasi yang baik sesuai rekomendasi Kemenkes. Sementara PCR atau TCM lebih akurat dibanding rapid test.

"Kita masih butuh waktu rapid test.  Jikalau alat PCR dan TCM sudah tersedia dengan jumlah cukup di seantero negeri maka penggunaan rapid test pelan-pelan dikurangi bahkan disetop," ungkap Melki.

Politikus Golkar itu menambahkan, saat ini ada rapid test dan PCR produksi dalam negeri dengan harga lebih murah dan telah sesuai rekomendasi Kemenkes. Menurutnya, produk itu harus diprioritaskan untuk dipakai secara massal di seluruh Indonesia guna mengendalikan Covid-19 di tanah air.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mengingatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan rapid test menerapkan batas harga maksimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close