Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Syekh Zainal Abidin Al Maghrobi, Nama yang Abadi di Ponpes Genggong

Sabtu, 29 Agustus 2020 – 20:08 WIB
Syekh Zainal Abidin Al Maghrobi, Nama yang Abadi di Ponpes Genggong - JPNN.COM
Para santri di Pondok pesantren Genggong, Probolinggo. Foto: Genpi.co

jpnn.com, PROBOLINGGO - Pondok pesantren Genggong termasuk ponpes tua yang didirikan pada 1839 silam. Pendirinya adalah Syekh Zainal Abidin Al Maghrobi keturunan dari Maroko.

Pondok pesantren ini berada di Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Pengasuh ponpes ini adalah KH. Moh Hasan Maulana.

Kiai Hasan Maulana menceritakan sedikit tentang sejarah berdirinya pondok pesantren Genggong kepada GenPI.co.

"Syekh Zainal Abidin memiliki menantu bernama Kiai Haji Mohamad Hasan Sepuh Genggong. Beliau inilah yang melanjutkan estafet perjuangan dari mertuanya Kiai Zainal Abidin," ujar Kiai Hasan Maulana.

Kiai sepuh Hasan Genggong ini diketahui lahir pada 1840 dan wafat tahun 1955 dalam usia 115 tahun.

Setelah Kiai sepuh Hasan Genggong meninggal, peran dan posisinya digantikan oleh putranya sendiri, yakni Kiai Haji Hasan Saifourridzall pada 1955 silam.

"Ketika tahun 1990 Kiai Haji Hasan Saifourridzall wafat dan kemudian diganti oleh Kiai Haji Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah, kakak dari Kiai Haji Hasan Ainul Yaqin pondok pesantren Baitus Sholihin," lanjutnya.

Sementara itu, nama pondok pesantren Zainul Hasan sendiri diambil dari nama Syekh Zainal Abidin Al Maghrobi sebagai pendiri dan Hasan merupakan kata dari Ki Hasan Genggong yang pertama.

Kiai Hasan Maulana menceritakan tentang sejarah panjang berdirinya pondok pesantren Genggong dan tokoh penting Syekh Zainal Abidin Al Maghrobi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close