Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Taufik: Semua Malu, Negara Kalah Sama Buronan Bernama Djoko Tjandra

Senin, 13 Juli 2020 – 18:47 WIB
Taufik: Semua Malu, Negara Kalah Sama Buronan Bernama Djoko Tjandra - JPNN.COM
Ilustrasi paspor. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Taufik Basari mengkritik Dirjen Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting, yang terkesan memberikan penjelasan bersifat defensif terkait sengkarut buronan perkara korupsi hak tagih Bank Bali, djoko Tjandra.

"Yang kami butuhkan bukan defensif, tetapi solusinya," tegas Taufik saat rapat dengar pendapat Komisi III DPR dengan Jhoni, Senin (13/7).

Seperti diketahui, Djoko merupakan buronan yang bebas masuk keluar Indonesia tanpa terdeteksi Imigrasi dan aparat penegak hukum yang berwenang.

Bahkan Djoko juga mendapatkan KTP elektronik, paspor, dan mendaftarkan upaya hukum peninjauan kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Taufik menegaskan ini merupakan tamparan keras bagi semua. "Ini kita semua malu. Negara kalah sama seorang buronan bernama Djoko Tjandra. Memalukan sekali," tegas Taufik.

"Yang malu tidak hanya aparat penegak hukum, kejaksaan, Polri, Kemenkum dan HAM, kami sendiri di Komisi III juga malu, kok bisa-bisanya dikerjai oleh seseorang yang namanya Djoko Tjandra," tambah Taufik.

Politikus Partai Nasdem itu lantas mempertanyakan apa yang bisa dilakukan Imigrasi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

"Seperti tadi yang ditanyakan Pak Benny, ada di mana? Betul nanti kejaksaan dan kepolisian mencari, tetapi harus ada peran Imigrasi, karena ini sudah kecolongan," katanya.

Djoko Tjandra merupakan buronan yang bebas masuk keluar Indonesia tanpa terdeteksi Imigrasi dan aparat penegak hukum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close