Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terlibat TPPO, Seorang Warga Tiongkok & 6 WNI Terancam Hukuman Penjara 15 tahun

Senin, 13 Mei 2024 – 21:13 WIB
Terlibat TPPO, Seorang Warga Tiongkok & 6 WNI Terancam Hukuman Penjara 15 tahun - JPNN.COM
Para tersangka kasus penyelundupan orang digiring oleh penyidik DItreskrimum Polda NTT di Mapolda NTT, Kupang, Senin (13/5/2024). Foto: ANTARA/Kornelis Kaha

jpnn.com, KUPANG - Seorang warga negara asing asal Tiongkok dan enam warga Sulawesi Tenggara ditangkap polisi karena terlibat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) ke Australia.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Brigjen Awi Setiyono menyebut ketujuh pelaku yang menyelundupkan lima WNA asal Tiongkok tersebut terancam hukuman 15 tahun penjara. 

"Mereka sudah ditetapkan sebagai tersangka dan diancam dengan Pasal 120 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan ancaman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 15 tahun penjara," kata Brigjen Awi Setiyono di Kupang, NTT, Senin.

Wakapolda NTT mengemukakan hal itu saat mengelar konferensi pers bersama dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang pada tanggal 8 Mei berhasil menggagalkan keberangkatan lima WNA asal Tiongkok yang hendak diselundupkan oleh seorang WNA Tiongkok dan lima warga asal Sulawesi Tenggara.

Selain ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun, kata dia, lima WNI dan satu WNA tersebut juga terancam denda berupa uang tunai senilai Rp 500 juta hingga Rp 1,5 miliar.

Kasus itu diungkap setelah PSDKP Kupang menyerahkan kasus People Smuggling pada tanggal 8 Mei 2024 ke Ditreskrimum Polda NTT.

Kapal tanpa dokumen dengan 6 WNA dan 6 WNI sebagai ABK berhasil ditangkap dalam operasi tersebut.

Dalam kasus ini, pelaku menggunakan modus operandi dengan memberikan imbalan kepada ABK sebesar Rp 5 juta dan menjanjikan bayaran tambahan sebesar Rp 50 juta ketika sampai di Australia.

Seorang warga negara asing asal Tiongkok dan enam warga Sulawesi Tenggara ditangkap polisi karena terlibat penyelundupan orang ke Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close