Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Titik Pemeriksaan PSBB di Jakarta Dikeluhkan Warga

Senin, 20 Juli 2020 – 18:47 WIB
Titik Pemeriksaan PSBB di Jakarta Dikeluhkan Warga - JPNN.COM
Ilustrasi. PSBB Jakarta: Aparat Polri bersama Dishub memeriksa pengendara roda dua dan empat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Warga Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat mengeluhkan kinerja petugas di posko titik pemeriksaan (check point) Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena sering kali tempat penjagaan itu kosong.

"Sayang ya jadinya. Sudah biasa kosong (poskonya). Padahal posko itu difungsikan untuk mengawasi kawasan agar masyarakat tertib mengikuti protokol kesehatan," kata salah satu warga Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, David, saat ditemui di dekat posko pemantauan di wilayahnya, Senin (20/7).

David mengatakan meski akhirnya petugas berjaga di posko itu, kerap kali masyarakat yang membandel tidak melanggar aturan selama PSBB dalam masa transisi tidak ditindak secara tegas.

"Kadang ada yang jaga, cuma ya gitu. Banyak yang lewat jalan kaki tidak pakai masker atau maskernya diturunkan ke bawah hidung dan mulut tidak ditegur. Seharusnya ada sanksi seperti di wilayah lain," ujar David.

Warga lainnya, bernama Sarjo mengatakan dirinya menyayangkan kurang tegasnya petugas di tempat pemeriksaan itu karena jarang memberikan sanksi meski banyak warga yang melanggar aturan PSBB.

"Ya kalau kata saya, kalau tidak ada yang jaga mendingan dibongkar saja (poskonya). Apalagi petugasnya foto-foto aja tapi pas ada yang langgar tidak ditegur, tidak diberi sanksi," kata Sarjo yang kerap gemas melihat posko pemeriksaan PSBB di daerahnya, tidak berfungsi dengan maksimal.

Dikonfirmasi secara terpisah Lurah Tanah Tinggi Imran mengatakan kosongnya posko pemeriksaan PSBB di wilayahnya terjadi bukan karena disengaja.

Ia mengaku para petugasnya, khususnya dari pihak Satpol PP harus bertugas melakukan kegiatan penertiban di wilayah itu.

loading...