Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Usut Tuntas Rusuh Lapas Sorong

Kamis, 23 April 2020 – 15:06 WIB
Usut Tuntas Rusuh Lapas Sorong - JPNN.COM
Habib Aboe Bakar Al Habsy dan Sandiaga Uno. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan narapidana mengamuk dan membakar sejumlah fasilitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong, Papua Barat, Rabu (22/4) malam.

Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsy, menyayangkan terjadinya kerusuhan tersebut.

Politikus PKS itu menegaskan  pembakaran fasilitas umum dalam lapas tentunya harus dipertanggungjawabkan.

"Seharusnya hal seperti ini tidak boleh terjadi. Perlu dilakukan penyidikan atas apa yang terjadi di sana," kata Aboe, Rabu (23/4).

Menurut Aboe, berdasar informasi sementara dan berita yang beredar di publik, kerusuhan tersebut disebabkan kecemburuan atas program asimilasi. 

"Tentunya ini harus ada pendalaman, apakah memang ada something wrong dari program tersebut yang menyebabkan adanya reaksi dari penghuni lapas," ungkapnya.

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR itu mengatakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham perlu turun tangan untuk melakukan audit, agar situasi serupa tidak terjadi di tempat lain.

"Sebenarnya Fraksi PKS sudah mengusulkan adanya Komisi Pengawas Pemasyarakatan yang fungsinya menjamin pemenuhan hak-hak warga binaan sehingga dapat mencegah kejadian seperti ini," katanya. 

Ratusan narapidana mengamuk dan membakar sejumlah fasilitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong, Papua Barat, Rabu (22/4) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close