Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wiku Adisasmito: 27 Kabupaten/Kota di Luar PPKM Jawa-Bali Masuk Zona Merah

Selasa, 06 Juli 2021 – 20:24 WIB
Wiku Adisasmito: 27 Kabupaten/Kota di Luar PPKM Jawa-Bali Masuk Zona Merah - JPNN.COM
Prof Wiku Adisasmito. Foto: dok covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini terdapat 96 kabupaten/kota yang masuk zona merah atau risiko penularan tinggi dan 27 di antaranya berada di luar PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Ke-27 kabupaten/kota non Jawa-Bali itu yakni Banda Aceh, Aceh Tengah, Bengkulu, Batanghari, Singkawang, Pontianak, Kotawaringin Timur, Palangkaraya, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tanjungpinang, Kota Batang, Bintan.

Kemudian Bandar Lampung, Lampung Utara, Pringsewu, Ambon, Ternate, Fakfak, Kendari, Konawe, Bukittinggi, Padang Pariaman, Lahat, Musi Banyuasin, dan Palembang.

"Setelah beberapa minggu didominasi dengan Pulau Jawa, di Minggu ini Kalimantan Timur masuk ke dalam salah satu provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi," ujar Wiku dalam keterangan pers yang dipantau dari Jakarta, Selasa.

Dalam sepekan terakhir, kasus penularan di provinsi non-PPKM Darurat Jawa dan Bali meningkat sebesar 61,8 persen.

Kontribusi kasus paling banyak dari Kalimantan Timur sebesar 1.749 kasus, NTT 1.269 kasus, Sumatera Barat 1.160 kasus, Riau 853 kasus, dan Sulawesi Selatan 791 kasus.

Wiku mengatakan bagi Pemda di 27 kabupaten/kota non-Jawa dan Bali itu wajib meningkatkan penanganan COVID-19 agar mencegah kenaikan kasus lebih tinggi lagi.

Pemda juga diminta untuk memastikan fasilitas layanan kesehatan cukup dan memadai sehingga seluruh pasien COVID-19 dapat ditangani dengan baik.

Dalam sepekan terakhir, kasus penularan Covid-19 di provinsi non-PPKM Darurat Jawa dan Bali meningkat sebesar 61,8 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close