Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AHY: Jangan Biarkan Kecurangan Mengubah Hasil Pilkada 2020

Selasa, 15 Desember 2020 – 18:35 WIB
AHY: Jangan Biarkan Kecurangan Mengubah Hasil Pilkada 2020 - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Dok. Humas Demokrat

jpnn.com, JAKARTA - Sepekan mencermati hasil Pilkada 2020, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengapresiasi perjuangan para kadernya dalam memenangkan calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2020 lalu. Jumlah kemenangan Partai Demokrat juga melebihi target.

“Sampai saat ini Partai Demokrat memenangkan 47 persen Pilkada, dengan potensi tambahan kemenangan 7 persen, lebih tinggi dari target semula 35-40 persen,” kata AHY dalam keterangan tertulis pada Selasa (15/12).

Kendati demikian, AHY meminta para kader Demokrat untuk terus mengawal proses di KPU pasca-Pilkada, untuk memastikan kader dan Paslon yang didukung tetap menang dan mampu menghadapi berbagai dugaan kecurangan yang berpotensi mengubah hasil Pilkada.

Misalnya, pertarungan ketat di Kalimantan Selatan. Pasangan calon yang didukung Partai Demokrat yaitu Prof. Dr. Denny Indrayana-Difriadi yang dinyatakan menang oleh sejumlah perhitungan quick count, kini masih harus bersaing ketat melawan paslon Sahbirin Noor-Muhidin, dengan basis partisipasi 85,8 persen suara yang masuk ke KPU, Senin (14/12).

Sementara itu, Denny Indrayana mengungkapkan indikasi kecurangan dalam perhitungan suara.

“Kami terima informasi, ada oknum petugas KPPS yang membawa formulir C-Hasil-KWK itu ke rumah. Ini jelas dilarang, bisa berpotensi terjadi manipulasi suara hasil penghitungan di TPS," kata Denny.

Kejanggalan lainnya, urai Denny, yakni jumlah suara di sejumlah TPS yang mencoblos paslon nomor urut 1, sama persis dengan jumlah pemilih yang terdaftar di TPS itu.

"Ternyata ada 10 TPS yang bahkan tingkat kehadiran pemilih mencapai 100 persen. Hasil coblosnya pun 100 persen, kata mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM ini. “Padahal rata-rata kehadiran pemilih ke TPS hanya sekitar 50 persen saja.”

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengapresiasi perjuangan para kadernya dalam memenangkan calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2020 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close