Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Halal Institute dan PKH UIN Bandung Gelar Pelatihan Juleha

Sabtu, 29 Juli 2023 – 20:39 WIB
Halal Institute dan PKH UIN Bandung Gelar Pelatihan Juleha - JPNN.COM
Halal Institute bersama UIN Bandung menggelar pelatihan Juleha. Foto: dokumentasi Halal Institute

jpnn.com, JAKARTA - Halal Institute bersama Pusat Kajian Halal (PKH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar pelatihan juru sembelih halal (Juleha) yang diikuti 11 peserta pada 26-28 Juli 2023.

Pelatihan yang mengacu standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) itu adalah wujud peran serta Halal Institute sebagai lembaga pelatihan kerja yang mengampu SDM halal, yakni Auditor Halal, Penyelia Halal, dan Juru Sembelih Halal.

Ketua Harian Halal Institute SJ Arifin mengatakan sebagian peserta pelatihan merupakan calon Juleha dari Bandung dan luar Bandung, seperti Sukabumi, Jakarta, hingga Cilacap, Jawa Tengah.

"Sebagian peserta merupakan Juleha yang telah memiliki pengalaman menyembelih dan sebagian lagi Juleha baru. Salah satu peserta malahan seorang perempuan, berasal dari Jakarta," ucapnya melalui siaran pers, Sabtu (29/7).

Arifin mengatakan Juleha adalah profesi yang kental bernuansa lelaki, sehingga hadirnya peserta perempuan merupakan pertanda bahwa bidang kerja mulia ini sesungguhnya dapat diakses siapa pun.

Oleh karena itu, untuk melengkapi kapasitas yang dimiliki peserta, Halal Institute juga menggandeng LSP Halal Indonesia untuk melaksanakan Uji Kompetensi Juru Sembelih Halal yang keseluruhannya diselenggarakan di RPH Ciroyom, RPH Bale Endah, dan RPH Cikartani Lembang.

"Sertifikat Kompetensi ini merupakan legalitas yang diperlukan sebagian Juleha agar dapat bekerja di rumah-rumah pemotongan besar dan menengah," ujar Arifin.

Sebagian peserta bahkan ada yang berencana berangkat ke Jepang untuk menjadi Juleha di negeri matahari terbit itu. Sehingga peluang kerja dalam profesi ini nyata dan dapat dioptimalkan.

Halal Institute menggandeng PKH UIN Bandung menggelar pelatihan Juru Sembelih Halal atau Juleha yang diikuti belasan peserta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close