Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hery Susanto Nilai Pengelolaan Investasi BP Jamsostek Tanpa Roadmap

Jumat, 27 Desember 2019 – 23:35 WIB
Hery Susanto Nilai Pengelolaan Investasi BP Jamsostek Tanpa Roadmap - JPNN.COM
Koordinator Nasional Masyarakat Peduli BPJS (MP BPJS) Hery Susanto. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (KORNAS MP BPJS) menilai Badan Penyelenggara Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) perlu menyusun roadmap pengelolaan properti investasi. KORNAS MP BPJS menilai pengelolaan investasi yang dilakukan saat ini tanpa roadmap investasi sehingga berpotensi menghilangkan penerimaan.

Demikian disampaikan KORNAS MP BPJS Hery Susanto, dalam catatan akhir tahunnya melalui media elektronik di Jakarta, Jumat (27/12).

Hery Susanto menegaskan bahwa penilaian pihaknya itu mendukung temuan hasil pemeriksaan BPK RI yang menyimpulkan sejumlah permasalahan dalam pengelolaan investasi BP Jamsostek yang mengakibatkan hilangnya potensi penerimaan, dan peningkatan biaya.

Ikhtisar Hasil Pemeriksaan BPK RI telah melansir pelaksanaan kebijakan yang mengakibatkan hilangnya potensi penerimaan, antara lain enam properti investasi berupa tanah belum dimanfaatkan, sehingga belum memberikan pendapatan atau hasil investasi.

Selain itu, tingkat pengembalian investasi atas aset dana jaminan sosial dan aset BPJS Ketenagakerjaan masih di bawah tolak ukur kinerja portofolio investasi yang ditentukan dalam peraturan direksi tentang Pedoman Pengelolaan Investasi.

"Pendapatan sewa yang diperoleh dari pengelolaan properti investasi Gedung Graha Nagoya dengan sistem master lease kepada PT Bijak juga tidak memberikan hasil optimal," kata Hery Susanto.

Banyak pelaksanaan kebijakan tata kelola investasi BP Jamsostek mengakibatkan peningkatan biaya. Misalnya terkait analisis penundaan kebijakan cut loss atas saham-saham yang mengalami penurunan nilai perolehan lebih dari batas toleransi minimum belum dilakukan secara periodik.

"Meski dengan tanpa roadmap investasi, dana kelolaan BP Jamsostek jelang akhir tahun 2019 ini tembus Rp 410 triliun, namun akan tetap alami potensi kerugian yang lebih besar jika tanpa roadmap investasi," katanya.

KORNAS MP BPJS menilai pengelolaan investasi yang dilakukan saat ini tanpa roadmap investasi sehingga berpotensi menghilangkan penerimaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close