Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iran Klaim WNI di Kapal Tanker Korsel dalam Kondisi Baik, Percaya?

Jumat, 08 Januari 2021 – 00:16 WIB
Iran Klaim WNI di Kapal Tanker Korsel dalam Kondisi Baik, Percaya? - JPNN.COM
Tanker kimia Korea Selatan dikawal oleh speed boat Pengawal Revolusi Iran, dengan tuduhan mencemari Teluk Persia dengan 'polusi minyak'. (AP: Tasnim News Agency)

Kedutaan Besar RI di Tehran, Iran, mengatakan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk memastikan keberadaan dan kondisi dua warga Indonesia yang menjadi anak buah kapal yang ditahan Iran.

Dalam laporan sebelumnya diketahui ada dua awak kapal asal Indonesia di kapal Hankook Chemi, sebuah kapal tanker kimia berbendera Korea Selatan yang ditahan pihak otoritas Iran, Senin kemarin.

Dalam pernyataannya, KBRI Tehran mengatakan sudah mengeluarkan nota diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri Iran untuk meminta klarifikasi keberadaan dan meminta akses untuk melakukan komunikasi dengan kedua warga Indonesia tersebut.

Disebutkan jika pihak dari Kementerian Luar Negeri Iran telah mengunjungi kapal Hankook Chemi.

"[Kemenlu Iran menyatakan] seluruh kru termasuk kedua WNI ABK saat ini berada dalam kondisi baik dan sehat," demikian pernyataan KBRI Tehran yang diunggah Rabu kemarin (06/01).

Diketahui kapal tanker kimia tersebut ditahan Pengawal Revolusi Iran di Teluk Persia.

Para awak dalam kapal tersebut diketahui berasal dari Indonesia, Korea Selatan, Vietnam, dan Myanmar.

Penahanan kapal terjadi di tengah ketegangan antara Iran dan Korea Selatan terkait dengan pembekuan dana Iran di bank-bank Korea Selatan akibat sanksi dari Amerika Serikat.

Kedutaan Besar RI di Tehran, Iran, mengatakan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk memastikan keberadaan dan kondisi dua warga Indonesia yang menjadi anak buah kapal yang ditahan Iran

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close