Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebanyakan Konsumsi Makanan Gluten Picu Jerawat, Benarkah?

Selasa, 24 September 2019 – 22:39 WIB
Kebanyakan Konsumsi Makanan Gluten Picu Jerawat, Benarkah? - JPNN.COM
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Bicara soal penyebab jerawat, apa yang pertama kali terbesit di pikiran Anda? Bakterikah? Atau hormon? Kedua hal tersebut memang kerap menjadi penyebab jerawat. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa makanan yang mengandung gluten juga picu jerawat!

Manfaatnya masih diragukan untuk penderita non-celiac

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan gluten. Disampaikan dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, gluten adalah salah satu jenis protein yang ditemukan di makanan, seperti gandum, gandum hitam (rye), dan jelai (barley). Protein ini juga ditemukan pada berbagai makanan lain, terutama yang sudah diproses –seperti piza, roti, dan kue.

Kini, diet bebas gluten tak cuma diterapkan oleh penderita penyakit celiac, yakni penyakit autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten. Mereka yang ingin memelihara kesehatan secara keseluruhan juga dapat mengurangi asupan gluten. Bahkan, banyak orang menganggap bahwa diet bebas gluten dapat menurunkan berat badan dan menambah energi.

Sayangnya, dunia medis berpendapat lain soal hal itu. Pasalnya, hingga kini, belum ada penelitian yang menyebutkan secara gamblang bahwa diet bebas gluten dapat memberikan beragam manfaat sehat.

“Diet bebas gluten justru bisa membuat pelakunya kekurangan pasokan gizi, seperti vitamin, protein, dan mineral lain, apalagi bila dilakukan sembarangan,” jelas dr. Devia.

“Tak cuma itu, metode diet ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes melitus tipe 2, apalagi jika tidak dilakukan pada porsinya,” dia menambahkan. 

Mengapa gluten dianggap jadi penyebab jerawat?

Gluten adalah salah satu jenis protein yang ditemukan di makanan, seperti gandum, gandum hitam (rye), dan jelai (barley). Protein ini juga ditemukan pada berbagai makanan lain, terutama yang sudah diproses –seperti piza, roti, dan kue.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close