Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LaNyalla Minta Pemerintah Perkuat Pengawasan Koperasi

Jumat, 18 November 2022 – 19:10 WIB
LaNyalla Minta Pemerintah Perkuat Pengawasan Koperasi - JPNN.COM
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Tim DPD

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap koperasi di Indonesia makin eksis dan menyejahterakan anggota.

Harapan itu muncul saat LaNyalla menanggapi polemik rancangan undang-undang pengembangan dan penguatan sektor keuangan, yang akan mengatur koperasi berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Permasalahan eksistensi koperasi ini perlu diperhatikan. Selain turut menggerakkan roda ekonomi masyarakat, koperasi juga dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk mengumpulkan dana, untuk kepentingan pribadi tanpa nilai investasi," kata LaNyalla pada Jumat (18/11).

Mantan Ketua Kadin Jatim itu mengatakan, saat ini pembinaan dan pengawasan koperasi masih kurang. Sehingga koperasi berpotensi merugikan anggota, karena berubah menjadi lembaga keuangan yang tidak mempunyai jaminan keamanan.

Dia pun meminta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) memperkuat pengawasan koperasi simpan pinjam di Indonesia.

"Saya juga berharap koperasi dapat kembali ke jati dirinya. Koperasi harus menjadi salah satu alternatif anggota mengakses pembiayaan usaha kecil dan ultra mikro dengan bunga rendah dan terjangkau," katanya.

Mengenai penipuan yang berkedok koperasi, LaNyalla meminta aparat penegak hukum menindaklanjuti.

"Proses hukum kepada koperasi bodong perlu dilakukan agar tidak merusak keberadaan koperasi yang benar-benar menjalankan fungsinya untuk kebermanfaatan anggota," tutur LaNyalla.

Pembinaan dan pengawasan koperasi masih kurang. Sehingga koperasi berpotensi merugikan anggota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close