Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menko PMK Muhadjir Effendy ke Kampus UMKT, Bicara soal Ibu Kota Baru

Kamis, 19 Desember 2019 – 19:17 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy ke Kampus UMKT, Bicara soal Ibu Kota Baru - JPNN.COM
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku senang bisa memenuhi janjinya hadir di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Dia juga mengapresiasi perkembangan UMKT selama dua tahun ini yang telah mengimpor Rektor dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

"Ini merupakan salah satu kerja sama yang baik antara UMKT dan UMS," kata Muhadjir saat kunker ke Kaltim, Kamis (19/12).

Pada kesempatan yang sama, Muhadjir mengajak masyarakat Muhammadiyah untuk mempersiapkan diri menyongsong ibu kota negara baru. Selain itu, ia juga menekankan perlunya persiapan agar masyarakat dapat menikmati multiplier effect bagi masyarakat Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur.

"Penting untuk menyiapkan SDM, karena kita tidak bisa lagi mengandalkan sumber daya alam, sehingga saat ini waktunya kita memikirkan SDM di Kaltim" ujarnya.

Selain itu, Menko PMK Muhadjir Effendy juga menekankan, pertumbuhan aglomerasi yang asimetris akan menghambat cita-cita kita dan visi presiden untuk membangun Indonesia sentris setta menghilangkan Jawa sentris.

"Jakarta sentris menuju Indonesia sentris dan yang menjadi pusatnya adalah Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Jangan sampai menimbulkan sentris baru yaitu Kalimantan sentris yang pertumbuhannya bukan generatif, tapi parasitis," tegasnya.

Menko Muhadjir mengingatkan masyarakat agar tidak kehilangan momentum menyongsong ibu kota baru dan hanya menjadi salah satu penonton. Dibutuhkan kerja sama semua sektor untuk membangun ibu kota baru, salah satunya swasta dan perguruan tinggi. (esy/jpnn)

Menko PMK Muhadjir Effendy berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, bicara soal ibu kota baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close