Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Misbakhun Menghitung Utang Negara Tembus Rp 20.750 Triliun, Begini Perinciannya

Senin, 15 Mei 2023 – 22:12 WIB
Misbakhun Menghitung Utang Negara Tembus Rp 20.750 Triliun, Begini Perinciannya - JPNN.COM
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun mencatat utang negara saat ini mencapai lebih dari Rp 20.000 triliun.

Menurut dia, jumlah itu merupakan akumulasi berbagai jenis utang.

Misbakhun menjelaskan saat ini ada utang negara sebesar Rp 7.900 triliun yang terkait langsung dengan pembiayaan di APBN melalui mekanisme penerbitan surat utang negara atau SUN.

“Jumlah itu adalah akumulasi utang sejak NKRI berdiri pada 1945 dengan semua periode presiden,” ujar Misbakhun melalui cuitannya di Twitter yang ditautkan ke akun JPNN.com.

Legislator Partai Golkar itu memerinci pada periode pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), total utang mencapai hampir Rp 3.000 triliun.

Selain itu, ada pula utang dalam bentuk lain yang bernama  contingency debt. Arti contingency debt ialah utang yang dilakukan oleh pihak atas nama negara dengan jaminan dari negara yang secara langsung atau tidak langsung berisiko masuk menjadi tanggungan APBN.

Misbakhun menyebut utang-utang BUMN berisiko pada APBN. Pemerintah pun harus melakukan langkah penyelamatan jika BUMN yang berutang mengalami gagal bayar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close