Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Penyakit GERD Sering Muncul Setelah Lebaran, Apa Penyebabnya?

Jumat, 29 Mei 2020 – 11:19 WIB
Penyakit GERD Sering Muncul Setelah Lebaran, Apa Penyebabnya? - JPNN.COM

jpnn.com - Banyaknya kue kering dan makanan Lebaran memang terkadang membuat Anda jadi kalap dan sulit untuk berhenti mengunyah. Namun, tahukah Anda kebiasaan ini justru bisa memicu munculnya penyakit GERD?

Sekilas Mengenai GERD

GERD atau Gastroesophageal reflux disease adalah penyakit pada sistem pencernaan manusia. Umumnya, GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus.

Jika terjadi secara kronis, maka asam lambung dapat berbahaya karena bisa menyebabkan iritasi dan infeksi pada kerongkongan. Untuk para penderita asam lambung, biasanya mereka akan mengalami nyeri ulu hati selama 1-2 jam ke depan.

Pada gangguan yang cukup berat, GERD bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi waktu tidur Anda. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka bukan tidak mungkin ada komplikasi yang timbul. Jadi, Anda perlu mewaspadai ciri-ciri GERD agar bisa segera ditangani gejalanya dengan baik.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, GERD biasanya memiliki gejala yang sangat mirip dengan penyakit mag. Meski demikian, adapun beberapa perbedaannya seperti:

  • Sering merasakan nyeri di dada yang menjalar ke kerongkongan. Umumnya, sensasi yang dirasakan seperti sensasi terbakar. Durasi yang dirasakan pun cukup lama, yakni sekitar 2-3 jam dan akan memberat setelah makan.
  • Selain setelah makan, sensasi terbakar pada dada dan kerongkongan juga akan memberat ketika berbaring di sofa.
  • Sensasi terbakar ini juga disertai dengan adanya rasa pahit pada mulut, karena asam yang naik dari lambung berupa gas. Kondisi ini juga semakin parah bila rasa pahit yang dirasakan selalu terjadi di pagi hari setelah bangun tidur.
  • Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan suara jadi serak. Hal ini disebabkan karena iritasi yang juga terjadi pada tenggorokan dan pita suara.
  • Timbul rasa mual dan ingin muntah juga menjadi gejala lain GERD. Hindari mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Hindari juga minuman mengandung gas, seperti soda untuk mencegah asam lambung semakin naik.

Penyebab GERD Muncul Usai Lebaran

Pola makan yang buruk menjadi salah satu faktor utama mengapa GERD bisa muncul usai Lebaran. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

loading...