Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada, 4 Penyakit ini Sering Mengintai PascaTahun Baru

Kamis, 02 Januari 2020 – 04:50 WIB
Waspada, 4 Penyakit ini Sering Mengintai PascaTahun Baru - JPNN.COM
Influenza. Foto: Newsfirst

jpnn.com - Pergantian tahun menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, banyak semarak kemeriahan yang bisa dinikmati di pergantian tahun tersebut. Akan tetapi, tidak semuanya hal baik.

Ada juga penyakit pascatahun baru yang ikut terbawa.

Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena Anda cenderung “melonggarkan” aturan makanan sehat, melewatkan waktu berolahraga, dan mengabaikan waktu tidur. Apalagi apabila akhir tahun Anda diisi dengan liburan panjang atau berkumpul dengan sanak saudara.

Jadi, apa saja penyakit yang dapat menjangkiti setelah lewat perayaan tahun baru? Simak di bawah ini.

1. Demam tifoid

Demam tifoid atau dikenal juga sebagai demam tifus disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Salmonella typhi. Saat bakteri tersebut menginfeksi saluran pencernaan, Anda akan mengalami gejala seperti demam naik turun hingga beberapa hari, nyeri kepala, nyeri perut, diare ataupun konstipasi.

Penularan penyakit ini kerap kali disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tingkat higienitasnya rendah dan terinfeksi bakteri penyebab penyakit. Ketika Anda dan keluarga mengonsumsi jajanan pinggir jalan yang tak terjamin kebersihannya, bisa jadi terkena tifus.

Anda bisa menghindarinya dengan lebih selektif dalam memilih kudapan. Sediakan selalu hand sanitizer selama perayaan tahun baru berlangsung dan gunakan saat akan makan.

Banyak semarak kemeriahan yang bisa dinikmati di pergantian tahun, namun tidak semuanya hal baik. Ada juga penyakit pascatahun baru yang ikut terbawa.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close